TEKHNIK PENCARIAN INFORMASI MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE


Mungkin seluruh atau sebagian dari kita selalu tergantung dengan search engine untuk mendapatkan informasi, berita, software gratis dan lain sebagainya. Tapi masih sangat sedikit yang mengerti searching yang baik. Ok kita mulai saja, bahwa dalam searching kita mengenal beberapa search engine salah satunya Google. Beberapa search engine mengenal karakter seperti +, – dan “. Tetapi masih banyak yang
belum tahu mengenai karakter tersebut. Saya akan menggunakan mode Tanya jawab dalam menjelaskan hal tersebut.

Karakter Matematika
 

# Tanda (+)Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking, security dan internet. Anda dapat mengetikkan kata disearch engine : +hacking +security +internet Jika terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan ditampilkan hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan . Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai
sebanyak-banyak nya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah +
medan. Dan sebagai nya.

# Tanda (-) Ingin mencari artikel yang didalamnya terkiandung kata statistic penduduk sumatera kecuali
Medan.
Ketik di search engine : +statistic +penduduk +sumatera –
Medan. Search engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata
medan. Atau seperti ini +tempat +wisata +bali -kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda – dibaca oleh search engine sebagai KECUALI.

# Tanda (“)
Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan kata tersebut  tidak duipisah
kan oleh kata-kata yang lain.  Ketik di search engine : “hacking dan security” maka
search engine yang bersangkutan akan mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisah
kan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya
dipisah
kan oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang bersangkutan.

Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +kuliah +”ilmu komputer” –bayar. Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer kata ilmu computer tidak akan dipisah
kan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah
kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh Ketik di search engine : ilmu computer Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau yang mengandung kata kedua-dua nya.
Simbol Bolean
Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet. 

# Bolean OR Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh : ilmu OR komputer Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau kedua-duanya.

# Bolean AND Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contoh : ilmu AND komputer Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan.

# Bolean NOTPenggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk
medan. Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumatera NOT medan search engine akan menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata
medan.

# Bolean NEAR
Contoh : saya ingin mencari kata ilmu komputyer yang jarak antara kata tersebut berdekatan. Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan.
Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan contoh Saya ingin mencari definisi dari kata cinta atau kasih maka dapat di ketik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih) Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata defini cinta atau definisi kasih. Untuk contoh selanjut nya anda coba sendiri.

Penggunaan Host

Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh:
 

# Saya ingin mencari website ilmu komputer.com maka saya dapat mengetikkan di search engine host: ilmukomputer.com

# Saya ingin mencari kata php di website ilmukomputer.com maka saya dapat mengetikkan kata : php host: ilmukomputer.com atau host:ilmukomputer.com php.
# Saya ingin mencari kata pertahanan di situs-situs pemerintahan indonesiamaka saya dapat mengetikkan di search engine: pertahanan host: go.id.

Symbol/karakter matematika dapat juga digabungkan dalam pencarian ini contoh: Saya akan mencari kata pesawat tetapi bukan yang terdapat didalam website menristek.go.id maka saya dapat mengetikkan di search engine : pesawat -host: menristek.go.id.

# Mencari informasi berdasarkan type file
Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file.Contoh: Saya ingin mencari artikel tentang hacking dan security dan artilkel tersebut harus dalam format pdf. Dan saya dapat mengetikkan di search engine : +hacking +security filetype: pdf
dan search engine akan menampilkan artikel tentang hacking dan security dengan format pdf

contoh lain :saya ingin mencari artikel tentang ilmu computer didalam website yang sufiksnya ac.id artikel tersebut harus file bertype pdf maka saya dapat mengetikkan di search engine +ilmu +komputer filetype:pdf host ac.id

# Mencari informasi berdasarkan judul situsKita juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya.Contoh :Ketik di search engine title: computer Maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung judul komputer. sedangkan pada search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T.

# Mencari informasi berdasarkan URLPencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang dimintaContoh :inurl:computer Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata omputernya seperti http://www.ilmukomputer.com/komputer dsb. 

Contoh lainnya :Php inurl:ilmukomputer.com maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang mengandung kata php pada subdomain ilmu komputer.Dan pada google juga mengenal kata allinurl tetapi pencarian ini hanya terbatas pada subdirectory, Sedangkan sampai ke level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya terbatas pada subdirectory. Dan yang perlu di ingat Tidak semua search engine mengenal karakter matematika dan Bolean.

Tips: Bagi anda pengguna warnet ada baik nya anda mempersiapkan dari rumah apa yang ingin anda cari, itu untuk menghemat waktu dan tentunya menghemat uang anda.

About Irha

Let's talk, and you'll know more about me....... Bla...bla...bla...bla... for the whole day... View all posts by Irha

11 responses to “TEKHNIK PENCARIAN INFORMASI MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: