Bedanya 300 ribu….!!

6 Mei 2007,

Minggu ini ada kejadian sedih yang bikin gw mikir….anak gw harus sekolah yang tinggi ples punya skill yang tinggi juga.

Berawal dari keingin tahuan gw soal pembagian gaji. Dikantor gw diterapin 60-40 buat karyawan baru. yang artinya gaji dibagi 60% dan 40%. Lucunya, yang 60% ditransfer pas tanggal 28an, sisanya tanggal 30an. Kenapa mereka bagi gitu gw juga enggak jelas. katanya sih menghindari anak baru pada cabut sebelum masa probation selesai.

Uang makan dan uang transport dihitung dari tanggal 11 sampai tanggal 10 bulan berikutnya dan dibayar di akhir bulan. Jadi bulan April otomatis gw cuma dapet uang makan dan transport selama 8 hari dihitung dari tanggal 2 April gw masuk sampai tanggal 10 April.

Hmmm cukup bikin gw bingung….

Waktu di kasih, enggak sengaja gw ngeliat catatan punya sekretaris satu Divisi gw, dan gw kaget……Gaji gw beda 300 ribu sama dia….!!!!!

Gw marah dan sakit hati, pasalnya bos gw bilang semua anak baru akan dapet gaji yang sama seperti yang gw terima (which was sebenarnya beda hampir 250% lebih rendah dari gaji gw sebelumnya). OK ! gw terima, dengan pertimbangan, kantor itu deket dari rumah dan ada uang makan, transport dan medical yang bagus.

Tapi ternyata, beda 300 ribu dari orang yang beda 15 hari masuknya dari gw, punya kerjaan yang sama-sama banyak dan semua sama.

Kenapa??? itu terus yang ada diotak gw. Pengen banget saat itu juga gw tanya ke bos gw apa pertimbangannya sehingga gaji gw beda? padahal kalau dilihat dari pengalaman dan skill, gw yakin……yakiiiiinnn banget bisa dapet lebih dari itu.

Gw sakit hati tapi entah kenapa hati dan akal sehat gw menahan gw untuk emosi dan merusak semuanya. Gw milih diem. tapi sedih….ihik…!! tega banget gw diboongin sama bos gw…! Dulu gw begitu dihargai sama perusahaan lama tapi sekarang?

Sampe rumah gw ngadu ke nyokap dan sampai pada kesimpulan: “Mah…. apa mungkin karena Ira cuma lulusan D1 ya??? jadi enggak dianggep?”

Jawaban nyokap juga bikin gw sedikit tenang: “Bisa jadi, atau mungkin dia juga ‘bawaan’ orang. Ya udah lah yang penting kamu kerja bener, kan lama-lama mereka bisa lihat kemampuan kamu”.

Belum puas, gw telfon kakak gw yang notabene kerja di Farmasi juga. Dan ternyata gw dapet jawaban yang bener2 bikin gw puas “wah Ir, jenjang pendidikan itu ngaruh banget buat ukuran gaji untuk perusahaan2 kayak gitu. Loe jangan itung2an kerja deh, kerja aja yang bener, jujur, kreatif, biar mereka liat kayak gimana kerja loe”.

Asli gw kaget, skill gw sama sekali enggak dinilai, pengalaman kerja gw juga enggak diliat…. padahal kerja kan pasti pake otak dan skill. Kecepatan loe berfikir dan lain2…

Tapi demi apa yang gw dapet tiap bulannya, masa gw berenti gitu aja? Gw juga enggak bisa nunjukin dong kalau orang yang sekolahnya cuma 1 tahun juga bisa menguasai pekerjaannya dengan baik!

Selama ini gw kerja di perusahaan swasta yang benar2 menilai orang dari kemampuannya. Dan selama ini gw enggak bermasalah dengan itu. Gw paling benci mentok sama yang namanya jenjang pendidikan, secara gw cuma bisa disekolahin sama nyokap D1 Sekretaris yang selama ini bisa gw banggakan bahwa biar gw cuma sekolah gitu aja, tapi gw bisa kerja bagus.

Hmmm…… lucu ya…..

About Irha

Let's talk, and you'll know more about me....... Bla...bla...bla...bla... for the whole day... View all posts by Irha

5 responses to “Bedanya 300 ribu….!!

  • junthit

    yang penting kerja bagus dulu itu saran yang sangat tepat..
    Jenjang pendidikan memang ngaruh di awal karier , nanti setelah waktu berjalan jenjang pendidikan nggak ngefek lagi ,kemampuan pribadi karyawan yg lebih dipertimbangkan ..

    catatan:perusahaannya profesional , bukan perusahaan keluarga , he..he..

  • nayla zahra

    wah sama Tan .. Bunda Nanay juga rada bermsalah tuhh ma namanya PENDIDIKAN .. hmm anyway .. mungkin emang akunya aja kali yang “kampring” .. heuheue…

    Sabar yah????🙂

  • irha

    Nanay, tante bilangin ya, nanti gede harus pinter….biar enggak dikecewain orang ihik…padahal tante udah pinter loh….(perasaan….)

    Junthit: itulah dia masalahnya mas…… disitu perusahaan keluarga….ihik…ihik…

  • nico

    hehe,makanya gaji itu harusnya classified, buat nghindarin yg kaya gini nih..yg penting berjuang aja trus!:D

  • Irha

    ihik sudah di classified, tapi kan mana gw kepikiran akan kena yang seperti ini Nic….
    sip…..saya akan berjuang terus….doakan saya ya….!!!! *Takeshi Castle style : ON*

Leave a Reply

