Orang-orang Tak Tau Diri

March 19, 2009
Orang-orang Tak Tau Diri

Sebenarnya ini sudah ke tiga kalinya gw kerja di Yayasan/LSM grant ato LSM Pendana. Bisa mendanai untuk urusan kesehatan, peralatan kesehatan atau seperti yang sekarang untuk urusan seni dan kebudayaan.
Gw baru tau kalau ada saja daerah-daerah yang ingin diberi bantuan dana tetapi menolak. Untuk alasan yang menurut gw kurang jelas atau tidak jelas sama sekali. Ya mungkin (dan pastinya) mereka akan punya alasan internal yang kuat untuk nolak duit heheehhhehe…. Terlalu sedikit, ato terlalu ribet, ato terlalu ngerepotin, ato terlalu banyak (gak mungkin ya???)
Tetapi, riset punya riset, ngelirik punya ngelirik, nyontek punya nyontek, akhirnya gw mengetahui ada list daerah-daerah yang diberi bantuan (NB: ini bantuan sumpah gak ada hubungannya sama yang lagi kita lakukan sekarang, tapi lebih ke contoh kasus), tetapi banyak penyimpangan, malah nilainya bisa ratusan juta, oleh pelaku penerima dana sendiri. Atau ada juga yang merupakan dana Hibah tetapi digunakan untuk pinjaman masyarakat, tanpa tanda-tanda adanya pembayaran balik, padahal itu judulnya PINJEM.
Negara kita terlalu miskin? Tidak juga….
Hanya orang-orang diatas kita yang korupsi??? Tidak juga…
Mereka begitu karena didorong faktor kemiskinan??? Tidak juga…. Makanya ada Grant yang mau ngedanain, mulai dari pembangunan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain tapi tetap disalah gunakan.
Mungkin ada oknum-oknum yang dipercayakan tapi malah menyelewengkan semua dana tersebut, padahal itu untuk kemajuan daerahnya sendiri. Unbelievable !
Padahal, kalau dikaji lagi, masih banyak daerah-daerah kita yang butuh dana untuk daerahnya, bahkan untuk hal-hal yang mungkin selama ini dianggap kecil: Budaya!
Udah mulai ilang memang gw liat akhir2 ini, budaya yang dilestarikan. Gw sendiri terus terang, udah enggak ngerti mana lagi batasan Budaya dan Modernisasi. Gw sendiri enggak ngerti apa aja yang bisa dibilang Budaya dan gimana sih Budaya itu bisa menjadi salah satu faktor pembangunan juga? Ah, ribet! Tapi, baru ini gw tau dan kagum banget, karena ternyata masih banyak orang-orang yang berusaha, dan mau repot-repot untuk melestarikan budaya dan itu enggak Cuma orang-orang tua aja. Mereka yang masih muda-muda juga semangat! Dan gw baru sadar (lagi) betapa daerah-daerah yang dianggap pelosok dan tertinggal, tetapi ternyata punya kekayaan dibidang seni dan budaya. Gila….. selama ini kemana aja ya gw sebagai orang yang mengaku Indonesia???

About Irha

Let's talk, and you'll know more about me....... Bla...bla...bla...bla... for the whole day... View all posts by Irha

2 responses to “Orang-orang Tak Tau Diri

Leave a Reply

