Perjalanan Pekanbaru – Batam

1 November 2010

Minggu lalu, gw nyangkut di Pekanbaru untuk urusan kerjaan, Yipiiiiiiiieeeee…. interesting…. gw blom pernah ke Pekanbaru apa lagi dalam rangka kerjaan, apalagi dalam rangka latihan monev… bisa enggak? bisa enggak? bisa enggak?

Nyatanya? dibawa fun dan dibuat ngobrol, gw bisa heheheheheheh meskipun kadang gw enggak tau mau ngomong apa, mungkin karena gw belum terbiasa ngobrol sama masyarakat langsung ya? heheheheh apalagi yang gw hadapin bapak-bapak nelayan, petani widiiihhhh…binun juga gw

hari pertama tadinya mau langsung di isi kunjungan lapangan ke mitra yang ada di pangkalan kapas, Riau tapiiiiii enggak jadi karena mitra gw, somehow, ngeles mulu dengan sejuta alasan gw enggak bisa kesana. Piling gw sihhhh… itu orang enggak pernah kelapangan dalam waktu yang cukup lama, krn sampai dengan hari ini (program harusnya sudah habis bulan kemarin kayaknya) masih aja dalam tahap diskusi dengan masyarakat… waaakkkzzz…. padahal udah setahun loh….

Filling tinggalah filling….tetep kita enggak bisa kesana, akhirnya cuma di isi ngobrol2 dengan mitra tadi dan mitra satu lagi (boleh nyebut nama gak ya?? kok gw kayak ditipi sih gak boleh nyebut nama???) heheheheh. Malamnya kita jalan makan malam….makan SATE PADANG. Oh nooo….di Pekanbaru rata-rata masakan dari minang….tidaaaaakkkkk lemak gw bertambah deh..!

Di mitra tuan rumah yang gw kunjungi, cukup banyak informasi yang didapat. Soal kegiatan dan lain-lain. Akhirnya diputuskan keesokan harinya aja baru jalan ke masyarakat dampingan mitra tuan rumah yang lokasinya di Teluk Binjai, kira-kira 3-4 jam dari Pekanbaru pakai mobil.

Jalan deh gw…waaaaaaahhhhhh awalnya dapet jalan mulus berkelok-kelok….manstap…lama-lama, jalan batu hihihi lama-lama lagi jalan tanah.. Untung si Pakde yang bawa mobil udah ahli banget bawa mobil di kondisi kayak gitu jadi ziing…zing…zing… nyampe deh dengan setengah jalan gw dan mas Hery udah nganga, bobo!

Sampe sana gw disambut segerombolan bapak-bapak peladang yang lagi ngerjain proyek biogas yang di inisiasi oleh mas hery sang pakar Biogas😛. Kebetulan banyak sapi berkeliaran dan jadi masalah buat si Pak Wali (panggilan untuk Bapak Kepala Desa disana). Kotorannya kemana-mana dan jadi masalah buat yang enggak punya sapi. Sapi enggak punya tapi dapat kotorannya. Jadilah proyek biogas di atas tanah gambut yang notabene susah untuk mendirikan bangunan kecuali pake di cor hehehhe….

Manstap! Siang hari gw diawali dengan ngopi bareng bapak2 dan ngobrol2, trus disambung sama hidangan sederhana tapi mewah dan banyak -Ikan air tawar-. Berbagai macam masakan ikan…ada sekitar 4 macam menu yang isinya ikan semua. waaaaaahhhhhh…. mas Hery udah ketawa-ketawa ngelirik gw yang enggak suka Ikan…. Tapi apa boleh dikate (logat melayu hihihi) gw harus makan siang, dan ikan itu sepertinya menggoda..!

Habis itu kita dijamu sama pak Wali dirumahnya yang ada dipinggiran kali Kampar…kali yang luaaaaaas dan panjang hehehe. Rumahnya udah kayak di Pantai Indah Kapuk, parkir kapal langsung bisa masuk pekarangan rumah. Malah kalau lagi air pasang bisa langsung depan pintu!! hebat kan??!!

Kembali ngobrol dan menimba ilmu dari Bapak-bapak disana, malamnya kita dijamu lagi sama ikan, tapi kali ini ada telor dadar!!! horeeee….!!!! sambalnya manstap!

kata bapak-bapak itu, disana masih banyak harimau, lutung, trus monyet2 nakal dan yang gw agak enggak tahan….banyak banget serangga… OH NO…!! Untungnya mas Hery setuju untuk balik malam itu juga hehehe maap ya bapak-bapak…..bukan saya enggak mau nginep, tapi belum sanggup kalau harus mandi diluar dan bobo bareng serangga.

Senang…! pengalaman baru buat gw…!! tapi gw senang…. perjalanan itu menyenangkan.

Dan hari ini, tepatnya pagi ini, gw udah sampe deh di Batam. Perjalanan pertama kita langsung ke Pulau Sarang. Partner gw masih sama, mas Hery heheheheh…  Pulau Sarang letaknya sekitar 30 menitan naik boat penumpang yang kecil. Gw pikir gw akan mabuk laut. Tapi ternyata, tidakkk…!! hore gw hebat…!!

Pulau Sarang adalah masyarakat dampingan dari Mitra kita yang di Batam ini. Indah…pemandangan langsung ke Singapore. Meskipun gw enggak bisa kesana, tapi miting dengan latar belakang laut dan selurusan Singapore…!!! Tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata!!!!!

Kita diajak makan, IKAN lagi horeeeeee….!!! I have to get used to it…!! kali ini ada Ketam (kepiting kecil), bumbunya manstap…!!

Dipulau sarang ini, penduduknya rata-rata adalah nelayan bubu. mereka menyebar bubu mereka sampai jauuuhhhh mendekati perbatasan singapore, pulau benan dan banyak lagi.

Kami disambut di rumah Pak RT, dari situ diajak keliling desa yang cuma sekiteran doang. Muter terus bisa bolak balik😀

Karena mas Hery pengen snorkling, liat meja transplantasi karang yang sudah dibuat, jalan2 deh kita pakai bot nelayan yang lebih kecil, jadi goyangannya…..goyang dangdoooottt….. heheheheheh seru sama Bapak-bapak itu, lucu-lucu dan mereka penyelam yang hebat!!

Ok Bro…. (heheheh kata-kata itu lagi ngetren kayaknya disana) disini dulu ceritanya…. besok pagi, kita mau jalan ke Pulau Benan, abis itu ke Bintan dan pulau Dendun….!!!

Tunggu cerita gw yaaaaaa……!!!!!!!

About Irha

Let's talk, and you'll know more about me....... Bla...bla...bla...bla... for the whole day... View all posts by Irha

Leave a Reply

